
JAKARTA – Universitas Media Nusantara Citra mengadakan kegiatan webinar dengan mengangkat Tema “Social Media Savvy: How to Leverage Pop Culture Trends for Career Success“, Kegitan webinar tersebut diadakan secara virtual zoom meeting pada Rabu (23/05/2023).
Webinar tersebut merupakan bagian langkah Universitas Media Nusantara Citra dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam memahami perkembangan sosial Media dengan memanfaatkan Tren dan Budaya yang berkembang saat ini dengan harapan mendorong kemajuan Sumber Daya Manusia yang kompetitif, inovatif dan adaptif mengikuti perkembangan teknologi saat ini.
Kegiatan yang berlangsung selama dua jam lebih ini membahas tentang Cara Memanfaatkan Tren Budaya Pop untuk Kesuksesan Karir.
Tampil membawakan materi pada seminar virtual ini adalah Ketua Program Studi Sains Komunikasi, Wida Nofiasari dan Vice President Marketing Communications MNC Group Jade Irfianta.
Pada pemaparannya tentang keterampilan komunikasi untuk keberhasilan karir bagi lulusan dari pendidikan tinggi, Wida mengatakan bahwa diperlukan keterampilan komunikasi dalam dunia profesional.
Kebutuhan berkomunikasi bagi SDM Indonesia tidak hanya penting bagi masing-masing individu lulusan Perguruan Tinggi dalam mencari pekerjaan, namun juga mendukung visi pertama dari 4 Pilar Visi Indonesia 2024 yaitu: Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, Pemerataan Pembangunan, Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan. Yang berarti kita sebagai generasi muda harus sudah mempersiapkan 4 pilar tadi. Dengan cara terus belajar dan beradaptasi dengan kemajuan-kemajuan yang terus berkembang khususnya teknologi dan komunikasi digital.
“Komunikasi yang efektif penting dan banyak dicari perusahaan, membantu seseorang untuk menyampaikan ide, membangun hubungan dengan rekan kerja, dan mencapai tujuan karir”. Ujar Wida.
Sementara Vice President Marketing Communications MNC Group Jade Irfianta menyampaikan bahwa Memanfaatkan Tren Budaya Pop memiliki banyak manfaat, diantaranya: meningkatkan kesadaran merek, memahami penonton, Membentuk ikatan yang erat antara merek dan komunitasnya, Membuktikan keaslian merek.
“Dalam memanfaatkan tren budaya pop dapat menarik lebih banyak perhatian ke perusahaan, meningkatkan visibilitas konten yang dibuat, membangun hubungan yang kuat dengan audiens ”. Ujar Jade.
Sementara Wakil Rektor III MNC University, Lathiyfah Shanti Purnamasari, menyampaikan bahwa peranan MNC University bagi setiap mahasiswa, dimana mahasiswa akan dibekali serangkaian keterampilan yang perlu untuk dikuasai sebelum memasuki dunia kerja, mahasiswa diasah untuk memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif melalui diskusi, brainstorming, debat, kerja kelompok, bermain peran, maupun presentasi.
“MNC University juga memahami pentingnya SDM Indonesia untuk mampu berkomunikasi secara efektif dalam bahasa internasional, yaitu Bahasa Inggris karena meningkatnya daya saing global dan semakin pesatnya arus tenaga kerja asing membuat generasi muda Indonesia harus dapat menyesuaikan diri dengan cepat sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Sehingga MNC University memberikan pelatihan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris (IELTS), terdiri dari komunikasi tertulis dan verbal”. Ungkap Lathiyfah.
Diharapkan dengan adanya penyampaian materi seperti ini dapat memberikan gambaran dalam bermedia sosial untuk pembekalan mereka dalam bekerja. Peserta webinar yang ambil bagian pada kegiatan ini bukan hanya dari kalangan mahasiswa, dan umum tetapi juga diikuti oleh lebih dari 30 sekolah SMA/SMK/MA Sederajat di wilayah DKI Jakarta.
Webinar tersebut menampung pertanyaan-pertanyaan dari para peserta yang ditujukan kepada narasumber. Sesi akhir dari rangkaian acara webinar ini ditutup dengan sesi foto bersama secara virtual.